Selasa, 04 Maret 2014

Perkembangan Game dari 2007-2014



Bisa kita lihat perkembangan game semakin pesat. Hal ini dapat dilihat dengan konsol - konsol game yang ada, 
Bisa kita mulai dengan PS3


1. PS3
PS3 keluar pada awal 2007 di Eropa, meskipun PS3 sudah keluar terlebih dahulu di Jepang dan Amerika Serikat pada akhir 2006. PS3 sendiri merupakan konsol lanjutan dari konsol PS2. Apa perbedaan PS3 dan PS2? Hal yang paling terlihat jelas tentu saja modelnya yang berbeda, namun  perbedaan lainnya terletak juga pada peningkatan grafis game, sistem software yang terdapat didalamnya dan PS3 menggunakan Blu-Ray Disc berbeda dengan PS2 yang menggunakan DVD.. 


Contoh perbandingan grafis game PS3 (Final Fantasy XIII) dan game PS2 (Final Fantasy XII).


Tidak hanya itu Sony juga menambahkan beberapa fitur baru pada PS3 seperti:

XMB
Xross Media Bar fitur yang memungkinkan kita untuk mempause game yang kita mainkan dan melakukan hal yang lain seperti mengganti musik, mengirim pesan, dan hal-hal lainnya. 

PSN
Playstation Network servis online yang diberikan Sony yang memungkinkan kita untuk bermain online menggunakan id PSN, mengakses film 3D dan HD, dan jutaan lagu, sambil berhubungan dengan teman secara online.

Multimedia
Pada PS3 kita dapat menyimpan musik, video dan foto di satu tempat untuk memudahkan kita melihat dan berbagi.

Connectivity
PS3 memungkinkan kita untuk bermain secara online, tidak hanya itu PS3 juga dapat melakukan searching dengan menggunakan Google dan juga kalian dapat mendownload game, DLC, film, lagu, foto dan lain-lain lagsung ke PS3 anda.

Parental Control
PS3 juga memiliki sistem parental control, untuk melindungi anak-anak dari hal yang sebenarnya mereka belum boleh akses. Parental Control setting sendiri hanya bisa diubah dengan password yang hanya anda yang tahu.

Playstation Move
Playastation Move sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan WII remote, yaitu kita dapat menggunakan seluruh tubuh kita pada saat bermain. Dengan Playstation Move kita dapat bermain sambil berpindah-pindah, melompat dan berdansa.
Playstation Move

PS3 sendiri mengalami perubahan model sebanyak 3 kali, dari original(fat), slim dan yang paling terbaru super slim.

Sumber : 
http://us.playstation.com/ps3
http://www.gamesradar.com/new-ps3-super-slim-direct-size-comparison-new-machine-examined-every-angle-even-pointless-ones/

2. PS Vita
Playstation Vita (PS Vita) merupakan handheld konsol buatan Sony yang bersaing dengan Nintendo 3DS. PS Vita rilis pada tanggal 17 Desember 2011 di Jepang dan 22 Februari 2012 di Amerika Serikat dan Eropa. PS Vita Merupakan konsol lanjutan dari konsol sebelumnya yaitu PSP. Tidak banyak fitur yang berubah pada konsol PS Vita selain peningkatan grafis game dan layar sentuh.
PS Vita

Game PS Vita (Persona 4 Golden)
Sumber :
http://us.playstation.com/psvita
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Persona_4_Golden

3. WII U
Wii U merupakan konsol generasi ke 8 buatan Nintendo yang bersaing dengan PS4 dan Xbox One. Wii U dirilis pada tanggal 18 November 2012 di Amerika Serikat, 30 November 2012 di Eropa, dan 8 Desember 2012 di Jepang. Wii U merupakan konsol lanjutan dari Wii.

Konsol Wii U

Wii U memiliki beberapa fitur yang menarik seperti :
Wii U Gamepad
Wii U gamepad merupakan gamepad dari konsol Wii U. Wii U gamepad ini memiliki kelebihan tersendiri seperti anda dapat bermain dengan melihat gameplay di tv maupun di layar game pad, menggunakan layar touchscreen pada gamepad untuk mengontrol permainan baik menggunakan atau tidak menggunakan stylus. dana menggerak-gerakan game pad. 

Nintendo Eshop
Nintendo Eshop merupakan tempat untuk membeli ataupun mendownload game, video entertainment, atau free demo.

Nintendo Tvii
Nintendo Tvii memiliki fitur yang hampir sama dengan youtube, di Nintendo Tvii kita dapat melihat banyak tayangan seperti film, olahraga ataupun acara tv melalui Wii U Gamepad.
Miiverse dan Wii U Chat
Miiverse merupakan Social Networking Services(SNS) yang ditujukan untuk Wii U player. Sedangkan Wii U chat merupakan fitur video call dengan menggunakan konsol Wii U dan Wii U Gamepad. Anda juga dapat membrowser internet di Wii U.
Pemilik Wii tidak perlu takut untuk meninggalkan game Wii-nya, karena hampir semua game, aksesoris dan data dapat di transfer langsung ke Wii U anda.

Contoh Game Wii U(Monster Hunter 3 Ultimate)

Sumber :
http://www.nintendo.com/wiiu

4. Nintendo 3DS
Nintendo 3DS merupakan handheld konsol buatan nintendo dan merupakan saingan dari PSVita. Nintendo 3DS rilis pada tanggal 26 Februari 2011 di Jepang dan bulan Maret 2011 di seluruh dunia. Nintendo 3DS merupakan konsol lanjutan dari Nintendo DS. Nintendo 3DS sendiri di bagi menjadi 3 yaitu:
  
Nintendo 2DS
Nintendo 2DS memiliki harga yang lebih terjangkau namun tidak memiliki fitur 3d grafis di dalamnya.   
Nintendo 3DS
Nintendo 3DS biasa dengan fitur 3d grafis.
Nintendo 3DSXL
Sama seperti Nintendo 3DS namun dengan layar 90% lebih besar.
Model Nintendo 3DS


Fitur-fitur dari Nintendo 3DS adalah : 
3D Screen  
3D screen adalah fitur yang memungkinkan untuk menampilkan objek 3D dari layar Nintendo 3DS anda 

3D Depth Slider 
3D Depth Slider adalah fitur untuk mengatur intensitas 3D. 3D efek bahkan dapat dimatikan dan semua game pada Nintendo 3DS dapat dimainkan di Nintendo 2DS.

3D Camera
Kamera pada Nintendo 3DS memungkinkan mengambil foto dalam bentuk 3D. Selain itu 3D camera dapat menggunakan sistem teknologi Augmented Reality(AR) berupa AR card.
AR Card
Augmented Reality Card (AR Card) adalah kartu yang dapat memunculkan karakter yang sesuai dengan AR card ke dunia nyata melalui aplikasi AR Games.
 AR CARD 
Contoh Game Nintendo 3DS(Monster Hunter 4)
 
Sumber : 
http://static.giantbomb.com/uploads/original/8/82063/2490447-003%286%29.jpg
http://www.nintendo.com/3ds
 
5. PS4 dan Xbox One
Teknologi konsol yang terbaru adalah PS4 dan Xbox One. PS4 rilis pada tanggal 15 November 2013 di Amerika Serikat, 29 November 2013 dan 22 Februari 2014 di Jepang. Sedangkan Xbox One rilis pada tanggal 22 November 2013 di Amerika Serikat dan Eropa. PS4 dan Xbox One sendiri merupakan konsol lanjutan dari generasi sebelumnya yaitu PS3 dan Xbox 360. Tidak banyak fitur yang saya ketahui karena kedua konsol ini baru saja rilis.

 PS4 VS Xbox One

6. Mobile Gaming
Mobile Gaming baru terlihat populer ketika App Store dan Google Play mulai muncul. Sebelum mobile gaming populer di dunia berkat App Store dan Google Play, di negara Jepang, mobile gaming itu sendiri sudah terkenal berkat social network service MOBAGE (Mobairu Gemu atau "Mobile Game")pada tahun 2006. 

 Game Mobage ("Sengoku Saga")

Sumber: 
http://www.mbga.jp/_game_intro?game_id=12008054 

Menurut pendapat saya, meskipun perkembangan teknologi game semakin canggih. Namun game pada jaman sekarang sudah tidak semenarik dan sekreatif game pada jaman dahulu khusunya jaman PS1 dan PS2. Bahkan peluncuran minggu pertama PS4 di Jepang sendiri tidak terlalu tinggi hanya 322.083 unit berdasarkan laporan dari Famitsu.com dan penjualan ini hanya setengah dari penjualan PS2 dulu. Hal ini juga disebabkan banyaknya orang yang berpindah ke mobile gaming.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar